Panduan Membeli Desktop


 

Walau tidak sepopuler laptop atau tablet, desktop adalah pilihan terbaik jika anda membutuhkan komputer dengan spesifikasi super canggih. Harga desktop juga lebih murah jika dibandingkan dengan harga laptop, meski keduanya mempunyai spesifikasi yang mirip sekalipun.

Beberapahal yang perlu anda ketahui:


Tipe atau Bentuk Desktop:

Tower -  desktop dengan bentuk klasik yang terdiri dari tower dengan  monitor terpisah. Semakin besar rangka / chassis tower desktop, semakin banyak komponen yang bisa anda tambahkan. Tower desktop juga kadang dijual terpisah dari monitor, keyboard dan lainnya.

Lihat pilihan tower desktop


All-in-one -
 desktop dimana hampir semua komponennya menjadi satu dengan monitor. Modelnya terlihat lebih modern dibanding tower desktop, dan juga lebih hemat tempat.

Lihat pilihan all in one desktop


Tower desktop relatif mudah jika anda ingin upgrade spesifikasi di kemudian hari.  Untuk all in one, hanya Ram dan hard drive yang dapat di upgrade dengan mudah, karena semuanya menjadi satu.

All in one relatif lebih hemat tempat dan banyak model dapat dengan mudah anda gantung di tembok. Banyak all in one yang juga dilengkapi layar sentuh. Walau banyak monitor layars entuh yang bisa digunakan dengan tower desktop, secara umum all in one lebih praktis jika anda ingin touch screen desktop.

Terakhir, dengan spesifikasi mirip, secara umum harga tower desktop lebih murah dibanding harga all in one desktop.


Operating System:
 

Microsoft Windows - OS paling populer sehingga banyak pilihan baik dari tipe / merk komputer, program dan aksesoris yang bisa digunakan. Desktop versi terbaru dilengkapi dengan Windows 8 atau 7. Jika anda ingin Windows untuk desktop dengan layar sentuh maka pilihlah desktop dengan Windows 8.

Lihat desktop dengan OS Windows 7

Lihat desktop dengan OS Windows 8

Apple Mac OS - Jika anda banyak menggunakan produk Apple seperti iphone atau ipad, maka pertimbangkanlah desktop Apple iMac atau bahkan Apple Mac Pro. Walau lebih mahal dibandingkan dengan desktop Windows, produk Apple terbuat dari kualitas terbaik dengan layanan purnajual terbaik. Semua desktop Apple tentunya dilengkapi dengan Mac OS yang sangat mudah digunakan dan eksklusif hanya untuk produk Apple.

Lihat desktop dengan Mac OS

DOS - Terakhir, banyak desktop yang dijual tanpa OS yang juga disebut DOS. Bagi kebanyakan pengguna sebaiknya membeli komputer yang sudah terinstall OS untuk kemudahan anda. Jika anda memutuskan untuk install Windows pada desktop anda, pastikan membeli OS Windows asli / original. Windows original mempunyai berbagai macam support yang dapat membantu keamanan data di laptop anda.

Lihat desktop dengan OS DOS atau Linux.