Panduan Memilih Monitor


Apakah anda akan membeli monitor baru untuk desktop anda ? Bingung dengan berbagai terminologi marketing dan spesifikasi pada monitor ?

Mari kita bahas dan semoga panduan ini dapat membantu anda.


Ukuran layar:

Ukuran layar monitor bervariasi mulai dari 15 inci. Umumnya semakin besar layar maka harga semakin mahal. Walau layar besar lebih nyaman bagi penglihatan anda, pertimbangkan juga besar ruangan dan jarak pandang dimana monitor anda simpan.
 

  • 15 sd 20 inci – Cocok untuk berbagai pekerjaan sehari-hari seperti MS Word, browsing dan email. Jika anda banyak berkutat dengan angka seperti Excel, ada baiknya membeli layar lebih besar untuk kenyamanan penglihatan anda.
  • 21 sd 24 inci – Selain ukuran lebih besar, resolusi lebih tinggi sehingga gambar lebih tajam dan jernih. Cocok bagi anda yang bergerak di bidang design atau multimedia. Untuk hiburan seperti gaming dan menonton film pun akan terasa perbedaan kualitas gambar nya.
  • 27 inci atau lebih – Resolusi ultra tinggi dengan berbagai teknologi display terbaru. Bagi anda hardcore gamer dan professional yang membutuhkan display terbaik untuk pekerjaan anda.


Resolusi layar:

Resolusi adalah maksimum jumlah pixel yang ditampilkan secara vertical dan horizontal. Contoh resolusi Full HD 1920 x 1080 artinya 1920 vertikal pixel dan 1080 horisontal pixel. Semakin tinggi resolusi semakin jernih dan detil gambar / informasi yang dapat disajikan. Anda mungkin pernah mendengar Full HD, Ultra HD atau Retina Display pada produk Apple. Semua adalah marketing terminology yang mengacu pada resolusi layar. Pastikan file dan komponen komputer anda mendukung resolusi tinggi. Contoh film DVD diputar pada Bluray Drive dan layar Ultra HD tidak akan terlihat berbeda dibanding pada layar Full HD.


Fitur lain yang perlu anda ketahui:

  • Responsi pixel - diukur dalam milidetik / millisecond, adalah waktu yang dibutuhkan pixel untuk berubah warna. Bagi kebanyakan orang dan aplikasi pada umumnya, tidak akan terlihat perbedaan apapun. Kecuali anda hardcore gamer, kami sarankan untuk mengabaikan fitur ini dan hemat uang anda untuk faktor lainnya.
  • Layar sentuh – seiring kepopuleran tablet dan OS Windows 8, banyak monitor yang dilengkapi teknologi touch screen. Pastikan sesuai dengan kebutuhan anda, karena untuk pekerjaan harian umumnya kebanyakan orang lebih cenderung menggunakan keyboard.
  • In Plane Switching (IPS) –  kualitas gambar konsisten walau dilihat dari berbagai sudut. Display tetap konsisten pada saat layar kita sentuh sehingga populer pada smartphone dan tablet. Secara umum layar dengan IPS mempunyai kualitas gambar lebih jernih dan konsisten dibanding non IPS.
  • 3D – Bedakan layar dengan aktif 3D dan pasif 3D. Aktif 3D membutuhkan kacamata 3D sedangkan pasif 3D tidak membutuhkan alat apapun. Walau harga lebih murah, kualitas pasif 3D jauh dibawah aktif 3D.
  • Audio – beberapa monitor dilengkapi dengan premium built in speaker dan audio sehingga anda tidak perlu eksternal speakers. Contoh adalah HP Envy monitor dengan Beats Audio
  • Multimedia ports – ada monitor yang dilengkapi berbagai ports seperti HDMI, DVI, VGA, USB. Ada juga yang dilengkapi slot untuk SD Card untuk kemudahan koneksi dengan kamera anda. Monitor tipe ini dapat digunakan dengan berbagai elektronik seperti Playstation, Xbox, kamera bahkan smartphone anda
  • TV Tuner – Walau harga tidak murah, monitor dengan TV tuner dapat digunakan sebagai TV.


Pilih lah monitor yang sesuai kebutuhan dan budget anda.  Jika hanya pekerjaan simple, seperti email, chat atau browsing, anda hanya perlu monitor sederhana dengan harga murah. Bahkan untuk multimedia, pastikan fitur ekstra yang ditawarkan akan banyak digunakan karena semakin lengkap fitur maka harga monitor semakin tinggi.