Salah satu yang paling penting dalam membeli tablet adalah menentukan OS yang sesuai kebutuhan anda. Pada tablet, OS yang paling umum adalah iOS, Android, dan Windows.


Apple iOS -  Ekslusif hanya untuk produk Apple seperti iPad, iPhone, iPod. Versi iOS dibedakan sesuai penomoran iOS 6, iOS 7 dan seterusnya. Apple iOS bisa dibilang adalah OS yang membuat teknologi layar sentuh menjadi populer. Produk iOS umumnya lebih mahal namun penggunaan sangat mudah bagi berbagai kalangan.

Lihat Apple iPad





Google Android – Mirip seperti Linux pada laptop, Android adalah open source sehingga pilihan produk beragam dari berbagai vendor. Beberapa versi terbaru: Kitkat (4.4), Jellybean (4.2), Ice Cream Sandwich (4.0). Android adalah alternatif ekonomis dari iOS. Dibanding iOS anda pun lebih leluasa dalam kustomisasi. Pilihan merk dan model pun sangat beragam. Pastikan anda pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda

Lihat Android tablet





Microsoft Windows – Program Windows pada laptop dapat digunakan di tablet anda. Beberapa model bahkan adalah perpaduan tablet dan laptop, sering juga disebut hybrid. Cocok jika anda mencari alat hiburan sekaligus berbagai kerja serius. Contoh hybrid adalah Sony Vaio Duo atau Lenovo Yoga

Lihat Windows tablet/ hybrid




Beberapa hal lain yang harus anda pertimbangkan dalam memilih tablet:

Layar tablet – Layar kecil seperti Samsung Galaxy Tab 7 atau iPad Mini berarti ringan dan mudah dibawa kemana pun anda pergi. Namun layar besar seperti iPad Air atau Samsung Galaxy Tab 10 memberikan kenyamanan lebih bagi penglihatan anda. Pertimbangkan pula resolusi layar karena menentukan kejernihan dan ketajaman gambar.

Lihat tablet berdasarkan layar :  7 inci  | 8 inci  |  9 inci  |  10 inci 12 inci




Kapasitas penyimpanan tablet – Semakin besar kapasitas yang anda butuhkan maka semakin mahal tablet tersebut. Jika penggunaan untuk browsing, email atau game ringan maka tidak perlu kapasitas terlalu besar. Jika tablet digunakan untuk menyimpan foto, film, lagu dalam jumlah besar maka perlu kapasitas yang besar. Alternatif lain, jika tablet anda banyak terkoneksi di jaringan wifi, adalah menyimpan file tersebut di komputer lain atau layanan cloud dan streaming ke tablet anda. Terakhir, semua tablet kecuali iPad dapat dengan mudah dipadukan dengan eksternal storage seperti micro SD atau eksternal hard drive.

Konektivitas – Tablet wifi jauh lebih murah dibanding tablet dengan konektivitas 3G / 4G. Jika mayoritas penggunaan tablet anda pada tempat yang ada wifi, maka lebih baik pilih tablet wifi. Namun jika anda selalu membawa tablet kemana pun pergi dan selalu membutuhkan koneksi internet, maka pilihlah tablet 3G / 4G. Satu alternatif adalah kombinasi tablet wifi dan smartphone untuk koneksi internet atau menggunakan modem portable seperti Bolt. Harap cek biaya data yang harus anda bayar. 

Lalu tablet mana yang akan anda beli ?

Pertama, pilih OS yang sesuai kebutuhan anda. Jika anda ingin tablet yang paling mudah digunakan maka pilih Apple IPad. Kalau anda ingin lebih leluasa kustomisasi, pilihan tablet android seperti Samsung Galaxy. Jika perlu tablet yang juga untuk bekerja serius, pilihah hybrid tablet berbasis Windows seperti Acer iConia atau Lenovo Yoga. Kedua, tentukan ukuran layar yang anda perlukan. Layar kecil lebih mudah dibawa namun layar besar lebih nyaman terutama jika digunakan untuk jangka waktu lama. Ketiga, tentukan kapasitas penyimpanan yang anda perlukan. Terakhir, tentukan apakah anda perlu koneksi 3G / 4G.