LOADING

Type to search

News Photography Lovers Tips & Trick

Tips Merawat Kamera Agar Berumur Panjang – Bagian 1

Ery Herdian 18/12/2017
Share

Harga Kamera DSLR yang cukup tinggi sehingga para penggunanya memang harus ekstra perhatian kepada kondisi dari perangkat itu sendiri. Proses perawatan mulai dari komponen terbesar hingga komponen terkecil, serta tata cara menyimpan Kamera. Karena hal ini cukup berpengaruh kepada performa dan umur dari sebuah Kamera DSLR.

 

  • Hindari Kontak Langsung Dengan Air

Meski setiap Kamera DSLR kini telah dilengkapi dengan sertifikasi tahan air dan telah diklaim sebagai perangkat waterfroof atau weather sealed. Hal ini tidak bisa menjamin 100 persen kondisi Kamera akan baik-baik saja ketika mengalami kontak langsung dengan air. Karena sebenarnya perangkat Kamera DSLR ini cukup sensitif dengan air, air yang masuk kedalam Kamera bisa saja merusak komponen-komponen dalam Kamera. Jadi meski diklaim waterproof sebaiknya hindarkan Kamera kamu kontak langsung dengan air.

Selain dapat merusak komponen dalam Kamera, hal ini juga bisa membuat lensa menjadi berembun. Kamu membersihkan Kamera dan Lensa DSLR tanpa menggunakan air, yaitu dengan menggunakan Cleaning Kit atau alat pembersih khusus.

  • Rutin Membersihkan Kamera Dan Lensa

Meski jarang digunakan perangkat Kamera dan Lensanya tetap harus secara rutin dibersihkan agar tidak mudah rusak. Seperti dikatakan sebelumnya kamu bisa menggunakan Cleaning Kit untuk menjaga kebersihan Kamera dan Lensa DSLR. Tentunya lakukan rangkaian pembersihan sesuai prosedur yang benar. Seperti jang langsung menyemprotkan cairan pembersih kepada Lensa, tapi semprotkan terlebih dahulu cairan ke lap microfiber kemudian barulah usapkann lap tersebut ke seluruh bagian Lensa.

Ada sedikit tips ketika kamu akan membersihkan bodi Kamera. Gunakan minyak kayu putih untuk membersihakan setiap bagian pada bodi Kamera. Mengapa menggunakan kayu putih? Karena minyak kayu putih lebih cepat kering dan memiliki kandungan air yang sedikit namun tetap dapat membersihkan bodi Kamera dengan maksimal. Atau jika tidak kamu juga bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan bodi Kamera. Sama seperti membersihkan Lensa, kamu harus menggunakan lap atau kain halus atau kamu juga bisa menggunakan cotton bud agar dapat menjangkau berbagai sudut yang sulit dijangkau.

  • Maksimalkan Penggunaan Aksesoris Pendukung

Maksimalkan penggunaan AKsesoris pendukung yang juga dapat meningkatkan keamanan pada Kamera. Seperti penggunaan UV Filter pada Lensa Kamera yang dapat menjaga dari pengaruh buruk papara sinar matahari. Penggunaan UV Filter sendiri tidak akan mempengaruhi kualitas gambar yang akan diambil.

Kamu juga bisa menambahkan Lensa Hood untuk mengurangi paparan sinar yang masuk secara langsung kedalam Lensa. Selain itu untuk menjaga komponen LCD pada bagian belakang Kamera kamu bisa menambahkan Screen Guard agar layar tidak mudah tergores. Pelindung layar ini juga bisa mengamankan layar Kamera dari kontak langsung dengan debu dan air.

Untuk saat ini berikut tadi beberapa tips untuk merawat Kamera DSLR agar tetap prima dan memiliki umur yang panjang. Nantikan artikel selanjutnya untuk mengetahui cara-cara merawat Kamera DSLR lainnya. Hanya di website kliknklik.com.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

24 − 18 =