Home / News / Cara Kalibrasi Baterai Laptop Atau Notebook Anda – Toko Komputer.
Cara Kalibrasi Baterai Laptop Atau Notebook Anda – Toko Komputer.

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Atau Notebook Anda – Toko Komputer.

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Atau Notebook Anda – Toko Komputer. Saat ini perangkat Laptop atau Notebook seperti yang sudah anda tahu sangatlah ramai di pergunakan. Namun penggunaan perangkat Laptop dan Notebook pun sebenarnya ada beberapa kategori yang di antaranya adalah untuk keperluan hiburan , pekerjaan, untuk memenuhi kepuasan bermain Game, dan masih banyak lagi. Dan untuk para pemakai yang menggunakannya untuk kepentingan Games, pastinya anda sering lupa waktu dan tidak memperhatikan Baterai dari perangkat Laptop atau Notebook anda. Terkadang anda sering lupa mencabut adapter yang terpasang sehingga baterai Laptop atau notebook mengalami overcharge atau mungkin baterai Laptop dan Notebook tersebut kehabisan daya yang memang benar – benar habis hingga secara otomatis akan mati sendiri. Tentunya jika keadaan ini terus terjadi kondisi baterai dari perangkat anda tidak akan bertahan lama. Sebenarnya ada cara penanggulangan awal yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan proses kalibrasi Baterai. Apa itu kalibrasi? Kalibrasi adalah sebuah proses pengembalian kemampuan daya tahan baterai yang telah mengalami penurunan kinerja yang di sebabkan karena overcharge atau sering kehabisan daya secara total.

Langsung saja akan saya jelaskan langkah – langkah proses kalibrasi pada baterai, ini dia langkahnya :

  1. Hidupkan Laptop atau Notebook anda.
  2. Charge (cas) hingga full (100%) dan biarkan overcharge sampai 2 jam. anda juga bisa melalukan aktivitas anda selama overcharge selama 2 jam tersebut.
  3. Setelah 2 jam berlangsung, pada control panel, pilih “power option”.
  4. Setelah itu klik “Change advanced power setting” .
  5.  lalu scroll sampai bawah dan pilih “battery”, ganti “critical battery action” menjadi “Hibernate” dan di “critical battery level” ganti “on battery menjadi 3%.
  6. kemudian klik “OK” dan cabut adaptor dan biarkan baterai melakukan pengosongan sampai hibernate otomatis sesuai dengan pengaturan yang tadi anda lakukan.
  7. biarkan laptop anda mati selama 5 jam atau lebih, setelah itu colok kembali adaptor dan biarkan melakukan pengisian baterai sampai 100%.
  8. proses kalibrasi anda telah selesai. anda dapat melihat daya tahan baterai anda sekarag yang lebih awet dari sebelumnya.

Nah itu dia tadi cara – cara atau langkah – langkah proses kalibrasi pada perangkat Laptop atau Notebook, dan semoga informasi yang tadi saya berikan dapat bermanfaat dan membantu anda.

One comment

  1. apakah bisa kalibrasi nii gan..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


 
Scroll To Top