Panduan Membeli Hardisk Eksternal

Posted By: Web Content In: Panduan Berbelanja On: Tuesday, October 11, 2016 Comment: 0 Hit: 324

Panduan Membeli Hardisk Eksternal

Bagaimana cara memilih hard disk eksternal yang bagus? Itu mungkin pertanyaan anda setelah pusing baca brosur, iklan, tanya teman, mengunjungi pameran, dan ujung-ujungnya bertanya pada mbah Google. Hehe… Hard disk itu memang penting. Sebenarnya yang lebih penting adalah data di dalamnya. Hard disk bisa dibeli, mau harga murah sampai mahal sekali, itu tergantung berapa anggaran uang bebas yang bisa digunakan tanpa mengganggu stabilitas ketahanan ekonomi rumah tangga anda. Tapi isinya, data di dalamnya itu banyak yang tidak akan tergantikan dengan uang berapapun. Dan setelah putar-putar, tetap saja bingung dan pusing memilih hard disk eksternal yang bagus untuk kebutuhan anda menyimpan data dengan aman dan awet tidak mudah rusak.

Ya memang ini gampang-gampang susah. Sedikit ada faktor keberuntungan. Tapi kan susah kalau kita membeli sesuatu dengan dasar yang tidak bisa diprediksi begitu. Supaya lebih pasti, tentu ada cara yang cukup efektif meminimalisir unpredicted factor ini, jadi kita beli hard disk eksternal yang sesuai dengan anggaran, kebutuhan, dan bisa merasa aman karena dia awet.

Berikut yang mesti anda perhatikan ketika membeli hardisk eksternal panduan belanja ini sangat penting bagi anda ketika anda mempunyai data-data yang besar dan bingung mau nyimpen dimana KliknKlik Memberikan solusinya:

  1. Brand Hard Disk Eksternal

    Saat ini tidak sulit mencari produsen hard disk eksternal yang bagus, dari sisi merk-nya loh. Setidaknya jika anda memilih hard disk eksternal dari merk yang ternama, biasanya akan ada after sales service yang bagus, sekiranya nanti anda menemui masalah dengan hard disk tersebut. Biasanya sih pengguna agak enggan untuk sampai membiarkan hard disk dipegang orang lain dalam waktu lama, sekalipun itu untuk diperbaiki, karena ini jelas rawan pencurian data. Bagaimanapun garansi itu penting kan? Masalahnya, hard disk bermerk terkenal cenderung harganya juga terkenal ‘mahal’ dibanding merk yang kurang terdengar. Ini bukan yang utama, tapi yang paling mudah. Biasanya mereka ini merk-nya Buffalo, Western Digital, Samsung, Sony, Toshiba dan Intel.

  2. Kapasitas

    Ini terkait dengan kebutuhan anda. Hard Disk eksternal itu fungsinya lebih banyak untuk back-up data, bukan storage yang setiap saat anda gunakan untuk memindah file seperti flash disk. Selain rentan terkena virus karena harus pindah-pindah laptop atau PC, itu juga kurang baik bagi kesehatannya.

    Seberapa besar data yang anda butuh simpan atau back-up? Jika anda hobi menyimpan film, apalagi yang HD, tentu anda akan membutuhkan hard disk eksternal ukuran dengan kapasitas terbesar dari yang bisa anda beli. Tapi ingat juga harganya juga besar. Jadi sesuaikanlah.

    Kalau begitu cukup membeli hard disk eksternal dengan kapasitas kecil atau sedang? Tidak juga. Karena harga hard disk itu tidak linier dengan besaran kapasitasnya. Semakin besar kapasitasnya, harga yang anda bayar justru semakin rendah. Misalnya hard disk eksternal kapasitas 500 GB harganya sekitar 700 ribu, sementara yang 1 TB (2 kali lipat) harganya hanya 1 jutaan saja. Beda 300 ribu sudah mendapatkan 2 kali lipatnya. Kan? Kembalikan ke kebutuhan dan persediaan uang.

  3. Konektivitas

    Anda tahu port USB di laptop anda yang dalamnya berwarna biru itu? Wah, berarti laptop anda itu sudah punya port USB 3.0. Itu harus dimanfaatkan. Jadi pertimbangkan untuk membeli hard disk eksternal yang mendukung koneksi USB 3.0. Anda akan mendapatkan kecepatan transfer sampai 10 kali lipat dibanding dengan hard disk eksternal yang hanya mendukung sampai USB 2.0. Jika anda sering memindahkan file berukuran ekstra besar, anda akan mensyukuri keputusan anda ini, meski harganya juga sedikit lebih mahal.

    Perhatikan juga bila hard disk eksternal pilihan anda itu punya dukungan terhadap koneksi via port Thunderbolt. Ini lebih cepat lagi, kira-kira kecepatannya sampai 2 kalinya USB 3.0. Semua laptop dan komputer seri terbaru punya Apple sudah punya koneksi super cepat ini. Tapi, untuk saat sekarang, atau kecuali anda memakai laptop Apple seri terbaru, tidak usah memaksa beli hard disk eksternal dengan dukungan Thunderbolt. Kenapa? Mahal. Kalau 2 atau 3 tahun lagi mungkin akan lebih murah dan lebih umum alias banyak yang pakai.

  4. Fitur

    Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika memilih hard disk external adalah fiturnya. Beberapa fitur yang wajib ada pada sebuah hard disk di antaranya adalah backup dan juga password protection. Terdapat juga berbagai macam fitur lain yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

    Bagaimana? Sudah siap membeli hard disk eksternal yang bagus? Semoga tips diatas tidak malah membuat bingung ya… Intinya gini deh, berapa uang yang ada, berapa kapasitas yang dibutuhkan (jangan yang diinginkan, bisa tidak terbatas itu), lebih nyaman dengan merk apa. Begitu

Comments

Leave your comment